Kamis, 24 Juni 2010

Kunjungan Wisatawan Di Kab Bandung Bisa Melonjak 80 %

Jumlah kunjungan wisatawanke sejumlah objek wisata di Bandung selatan, Kabupaten Bandung,diperkirakan akan meningkat sekitar 80 persen pada libur panjangpekan ini, atau dari Jumat (28/5) hingga Minggu (30/5).


Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata(Dispopar) Kab. Bandung Dicky Anugrah ketika ditemui di kantornya,Rabu (26/5), mengatakan, sedikitnya 150.000 pengunjung akanmemadati objek wisata di Kec. Pangalengan, Pasirjambu, danRancabali ,yang selama ini menjadi tujuan wisata unggulan.

Untuk akhir pekan biasa, kenaikannya sekitar 20-30 persen. Akantetapi, untuk libur panjang seperti pekan ini, diperkirakan akanmeningkat drastis, katanya.

Animo masyarakat berkunjung ke objek wisata di Bandung selatan,seperti wisata perkebunan teh, air terjun, hingga wisata panoramaseperti Kawah Putih dan Situ Patengan, masih tinggi, Selainwisatawan domestik, jumlah wisatawan asing yang mengunjungi objekwisata di Bandung selatan diprediksi mencapai sekitar 50.000orang.

Dispopar Kabupaten Bandung mengimbau pengelola objek wisatauntuk menggelar atraksi seni budaya dan pergelaran, yang bisamenarik jumlah kunjungan wisatawan di hari libur, sehingga bisamenutupi jumlah pengunjung sedikit di hari kerja.

Kenaikan terbesar jumlah pengunjung terjadi saat libur Lebaran,dengan lonjakan mencapai 100-200 persen. Objek wisata Kawah Putihmasih menjadi primadona wisata di Bandung selatan.

Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang biasanya terjadiketika libur panjang, Dicky mengaku sudah berkoordinasi denganDinas Perhubungan dan petugas kepolisian. Bahu jalan di Jln. RayaSoreang-Ciwidey juga sudah diplester sehingga lebih lebar.

Dicky mengakui, masih ada beberapa objek wisata di Kab. Bandungyang belum dikelola optimal, akibat anggaran yang masih minim,serta sarana dan prasarana objek wisata yang kurang terjaga, hinggamasyarakat masih belum terbiasa dengan konsep objek wisata ditatasecara profesional.

Objek wisata yang perlu dikelola lebih optimal antara lain, SituCileunca di Kec. Pangalengan dan Curug Cinulang di Kec. Cicalengka.Sejak dua tahun belakangan ini, pengelolaan Curug Cinulang memangkurang optimal.

Sementara sejumlah lokasi yang berpotensi menjadi objek wisataantara lain Karang Gantung di Kec. Paseh, yang menonjolkan panoramapegunungan, dan Kampung Gentong, Desa Jelekong, Kec. Baleendahsebagai kampung seni lukis dan kerajinan wayang.(bandungkab.go.id/toeb)

Sumber :
Depkominfo, dalam :
http://kabar.in/2010/indonesia-headline/rilis-berita-depkominfo/05/27/kunjungan-wisatawan-di-kabupaten-bandung-bisa-melonjak-80.html
27 Mei 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar