Rabu, 23 Juni 2010

Festival Soreang Kenalkan Produk UKM Kabupaten Bandung

Warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kini bisa mengenal lebih dekat produk usaha kecil dan menengah (UKM) daerahnya sendiri dalam Soreang Festival 2009 yang telah dibuka Bupati Bandung, H OBar Sobarna, Jumat (18/12).


Soreang, 19/12 (Antara/FINROLL Lifestyle) - Warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kini bisa mengenal lebih dekat produk usaha kecil dan menengah (UKM) daerahnya sendiri dalam Soreang Festival 2009 yang telah dibuka Bupati Bandung, H OBar Sobarna, Jumat (18/12).

Selain menampilkan sejumlah produk unggulan UKM Kabupaten Bandung, Soreang Festival 2009 juga menyuguhkan berbagai atraksi hiburan, antara lain kesenian rakyat khas daerah ini dan atraksi lumba-lumba.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, H Bambang Budiraharjo, mengatakan tujuan Soreang Festival 2009 merupakan salah satu upaya memperkuat UKM, karena karena selama ini banyak produk Kabupaten Bandung menjadi ikon daerah lain.

"Misalnya celana jeans buatan Kabupaten Bandung, sekarang menjadi ikon Cihempelas KOta Bandung, sebagai pusat penjualannya," kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, H Bambang Budiraharjo, di Soreang, Sabtu.

Soreang Festival 2009, juga menggelar produk jasa-jasa pemerintah, di antaranya perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) Polres Bandung, dan pembuatan akta kelahiran oleh Dinas Catatan Sipil Kependudukan dan Sosial Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini, rencananya dibagi ke dalam dua termin. Termin pertama, Juamt (18/12) hingga 3 Januari 2010 khusus untuk kegiatan pameran, dan termin kedua pada 18 Desember hingga 17 Januari untuk atraksi lumba-lumba dan atraksi alinnya.

Bambang yang ditemui pada Soreang Festival 2010 itu berharap sentra industri tersebut berarada di Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), yang proses pembangunannya kini baru pada tahap pembebasan lahan.

"Kan itu (jalan tol), nantinya akan dipakai jalur ke tempat wisata. Jadi para wisatawan tidak usah kembali ke Cihampelas Kota Kota Bandung, kalau mau membeli celana jeans," ujar Bambang.

Menurut Bambang, sentra industri UKM harus diusahakan bisa dibangun, karena tidak menutup kemungkinan produk laian dari Kabupaten Bandung kembali menjadi ikon daerah lain juga.

Bukan hanya celana jeans, sentra industri tersebut juga akan menjadi pusat penjualan jenis pakaian lainnya. Bahkan, demikian Bambang, tidak menutup kemungkinan pula menjadi pusat penjualan kuliner khas Kabupaten Bandung.

Kabupaten Bandung juga kini menjadikan buah strawberry sebagai ikon agrowisata. Karena itu, Bambang tidak ingin buah berwarna merah menyala ini juga menjadi ciri khas agrowisata daerah lain.

"Karena, dari pemerintah pusat juga berharap makanan atau produk khas Kabupaten Bandung, adalah strawberry," kata Bambang Budiraharjo.

Khusus untuk pengembangan strawberry, lanjut Bambang, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Perhutanan dan Perkebunan Kabupaten Bandung, sebagai leading sector-nya produk pertanian tersebut. ***2***


Sumber :
http://www.lifestyle.id.finroll.com/component/content/article/25-berita-terkini/167849-festival-soreang-kenalkan-produk-ukm-kabupaten-bandung.html
19 september 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar